Mengatasi "Access Forbidden" Project PHP Di Browser untuk Pengguna XAMPP



Halo teman teman.. maaf numpang share pengalaman nihh… belum lama kemarin saya punya masalah saat beralih ke linux­­­, awalnya saya mau coba koding PHP di linux, setelah berkelana kesana-kemari akhirnya ketemu deh XAMPP, Sublime Text, dll sebagai alat perang yang sekiranya akan saya butuhkan. Setelah saya download alat-alat perang dari website resmi masing-masing langsung deh saya install.

Setelah saya install semuanya, saya jalankan Apache dan MySQL melalui control panel XAMPP, lalu saya buka firefox dan mengetikan “localhost” dan “localhost/phpmyadmin” pada kolom URL. Semua berjalan lancar sampai saya pindahkan folder project yang bernama “webmaster” ke direktori htdoc milik xampp dengan akses sebagai root.

Nah, karena saya memindahkan folder tersebut sebagai user root, secara otomatis owner folder dan file yang saya pindahkan ke directory htdoc adalah “root”, dan yang bisa mengakses secara penuh ya hanya user “root”.


Otomatis saat saya buka localhost/webmaster di firefox tidak akan bisa membacanya karena tidak memiliki akses ke direktori tersebut. Saya ingin mengubah permission nya agar bisa terbaca di user lain, dan di folder itu banyak sekali subfolder dan file-file pendukung, karena saya belum terbiasa dengan perintah terminal linux jadi saya hanya di salah satu group linux di facebook, di komentar pertama langsung dikasih suguhan command #sudo chmod -R 777 /opt/lampp/htdocs dan Booomm... langsung saya coba tapi diga#sudo chmod -R 764 /opt/lampp/htdocs Lho? Kenapa?? 
nti menjadi

Karena saya hanya butuh 7 untuk Owner, 5 untuk Group, dan 4 untuk Public
Jadi saran saya demi keamanan dari serangan hacking ya gunakan perintah
#sudo chmod -R 764 /opt/lampp/htdocs